Bleaching Kayu Solusi Praktis Menyeragamkan Warna Kayu

 

bleaching kayu

noda blue stain pada kayu dapat di hilangkan dengan bleaching kayu

Sering sekali kita abai memperhatikan tekstur dan warna dari kayu yang akan di finishing atau di gunakan untuk kebutuhan furniture lainya. warna kayu yang tidak seragam akan membuat hasil finishing yang buruk. Apalagi jika anda ingin menyaksikan hasil akhir kayu yang terlihat sempurna, namun kayu yang anda miliki warnanya doreng, tidak rata atau bahkan memiliki bercak noda bekas jamur dan lain sebagainya.

Jika hal ini terjadi pada kayu yang anda miliki, segera lakukan penyeragaman warna kayu tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan bleaching kayu atau pemutih atau pencerah kayu. Proses ini akan sangat membantu dalam memperoleh hasil warna kayu yang lebih indah dan mudah untuk di finishing.

Jika anda belum pernah memakai bleaching kayu guna mengatasi permasalahan kayu yang anda miliki, ketahui dan pelajari lebih banyak mengenai apa itu bleaching kayu dan rekomendasi produk bleaching kayu terbaik berikut ini.

Apa Itu Bleaching Kayu ?

Bleaching atau pemutih atau pencerah kayu merupakan bahan kimia yang  di gunakan dalam proses sebelum atau mempersiapkan kayu yang digunakan untuk mencerahkan atau menyeragmakan warna kayu sebelum finishing dengan baik.

Dulu hidrogen peroksida di gunakan untuk meratakan warna kayu. Namun sayangnya bahan kimia yang satu ini memiliki banyak masalah. Selain merupakan zat yang berbahaya bagi kesehatan, hidrogen peroksida jugga dapat merusak beberapa material logam yang menempel pada kayu seperti paku yang menempel pada kayu dan lain lain. Tak hanya itu hodrogen peroksida hasil bleachingnya menimibulkan warna yang pucat tidak terlihat alami. Warna pucat yang ditimbulkan kadang juga berubah menjadi agak merah muda. Hal ini justru merusak kontur alami warna kayu.

Aplikasi menggunakan hidrogen peroksida juga memilki kekurangan signifikan, bahan kimia yang satu ini membutuhkan sinar matahari untuk mencerahkan. Jika cuaca mendung atau saat malam hari anda tidak bisa bekerja menyeragamkan warna kayu dengan menggunakan hidrogen peroksida. Karena sifat hidrogen peroksida yang keras juga, beberapa jenis kayu muda yang di bleaching menggunakan bahan ini bisa hancur atau rusak. Hal ini tentu sangat merugikan anda sebagai produsen atau pemilik kayu iu sendiri.

Lalu Apakah Ada Solusi Bleaching Kayu Yang Lebih Aman Dan Praktis ?

bleaching kayuTentu ada solusi lain adalah dengan menggunakan bleaching kayu yang lebih aman. Bleaching kayu yang lebih aman, tidak mengandalkan sinar matahari serta mampu menyeragamkan warna kayu dengan lebih efektif.

Solusinya adalah dengan menggunakan bleaching kayu White Agent 250 atau lebih dikenal dengan WA-250. Produk bleaching yang satu ini tidak menggunakan bahan utama hidrogen peroksida yang merusak. Namun menggunakan zat lain yang lebih aman. Belaching kayu WA-250 merupakan rekomendasi produk bleaching terbaik yang wajib anda miliki. Hidrogen peroksida memiliki resiko kegagalan pengerjaan jika tidak dilakukan dengan sangat cermat.

Manfaat Menggunakan Bleaching Kayu WA 250

 

Tidak seperti hidrogen peroksida yang membutuhkan sinar matahari serta bersifat merusak. WA 250 justru melakukan reaksi pemutihan atau bleaching tanpa sinar matahri. Selain memutihkan WA 250 memiliki kemampaun atau manfaat lain yang signifikan manfaatnya mengatasi berbagai masalah pada kayu.

Manfaat bleaching kayu WA 250 tidak hanya memutihkansaja, berikut ini manfaat menggunakan bleaching WA 250 :

  • Menghilangkan noda pada kayu

Kayu yang ada di pasaran ataupun sejak di tebang memiliki kekurangan atau kondisi yang tidak ideal. Biasanya kayu memiliki noda yang sifatnya permanen seperti noda bekas jamur, bercak hitam dan lain lain. Hal ini mengakibatkan kondisi kayu jadi tidak indah dan tidak menarik sebelum di finishing. Jika anda tidak ingin melakukan finishing pada kayu itu,tentunya noda noda tersebut juga menggangu. Oleh karena itu bleaching sangat perlu dilakukan untuk menghasilkan kayu yang bersih dan warnanya bagus.

  • Menyeragamkan warna kayu

Cacat warna pada furniture kayu dapat di hilangkan atau diseragamkan warnanya dengan menggunakan bleaching WA 250. Hal ini sanat penting dilakukan sebelum tahap finishing. Apalagi kebutuhan finishing saat ini banyak membutuhkan hasil warna yang seragam untuk beragam jenis hasil mebel atau furniture kayu yang di jual di pasaran.

  • Menghasilkan media finishing yang baik

Warna doreng pada kayu enyebbakan lapisan warna yang di aplikasikan saat finishing bisa jadi salah atau tidak menarik. Bahkan bisa juga merusak konsep inishign yang anda terapkan karena dasar media yang digunakan tidak sama warna dan terlihat kontur kayu itu sendiri. Untuk menghindari hal ini semua anda membutuhkan bleaching WA 250 untuk memastikan kondisi dari warna kayu itu sendiri. Dengan kondisi media kayu yang sudah rata dan konturnya bagus akan menghasilkan hasil finishing yang bagus dan sesuai dengan warna finishingnya.

Cara Menyeragamkan Warna Kayu Dengan Bleaching Kayu

Jika anda memiliki masalah dengan kayu yang doreng, memiliki bekas noda blue stain yang menggangu atau bekas noda lainya yang sulit hilang, gunakanlah segera bleaching kayu WA 250. Cara menggunakan WA 250 sangat mudah dan tidak beresiko.

WA 250 tidak seperti hidrogen peroksida, sehingga mampu melakukan pekerjaan menyeragamkan warna kayu dan mencerahkan kayu dengan lebih efektif. WA 250 dapat di aplikasikan dengan cara di semprot, di kuas, atau di rendam. Selain itu WA 250 juga dapat di encerkan dengan air.

bleaching kayu wa 250

Bleaching kayu WA 250 dapat di encerkan dengan air agar konsentrasi larutanya turun. Namun semakin rendah konsentrasi larutan tentu akan semakin rendah pula efektifitas penggunaan WA 250 ini sendiri dalam menyeragmakan warna kayu. Nah hal ini tentunya juga akan berakibat dengan hasil kecerahan kayu yang di inginkan. Namun jika anda memang tidak membutuhkan kayu yang terllau cerah, anda dapat membuat larutan yang konsentrasinya rendah. Sesuai dengan hasil yang anda harapkan.

Lalu bagaimana cara memakai bleaching dari WA 250 ini ? simak langkah langkah yang kami berikan di bawah ini:

Cara Menggunakan Bleaching Kayu WA 250

  1. Encerkan larutan WA 250 dengan air bersih. Gunakan perbandingan 1:1 antara WA dan air
  2. Aplikasikan White agent 250 tersebut dengan cara direndam, di kuas atau di semprot sesuai dengan kebutuhan anda. Pastikan bahwa seluruh bagian kayu terkena atau terendam white agent ini
  3. Tunggu hingga kayu mengering. Hal ini dinamakan proses aging atau proses penyeragamana. Saat sedang berlangsung proses ini, anda tidak perlu menjemur dibawah sinar matahari. Anda hanya perlu untuk mendiamkan saja hingga warna kayu akan berubah. Lakukan proses ini di tempat teduh dan kering sebaiknya di dalam ruangan. Tunggu proses aging ini minimal antara 4 sampai 6 jam
  4. Aplikasikan kembali larutan white agen ini untuk mendapatkan hasil warna sesuai dengan keinginanan anda.
  5. Setelah anda mendapatkan warna kayu yang di iningkan, anda dapat mengeringkanya di bawah sinar matahari. Sebelum benar benar putih atau sesuai dengan kebutuhan anda, jangan sekali sekali di jemur di bawah sinar matahari atau dalam mesin pengering. Keringkanlah kayu dengan baik sehingga menghasilkan kelembapan kayu atau nilai MC yang di syaratkan

Tertarik membeli WA 250 ?

Mudah sekali bukan melakukan penyeragaman kayu dengan bleaching yang aman. Selain tidak perlu dilakukan dengan bantuan sinar matahari, WA 250 juga memberikan solusi mengatasi cacat warna kayu dan masalah kayu lainya. manfaat manfaat ini sangat membantu dalam tahap pre finishing kayu untuk menghasilkan hasil finishing yang sempurna dan kayu yang indah menawan.

Tertarik membeli white agent 250 penyeragam dan bleaching kayu? Segera hubungi customer care kami di nomor berikut ini 081225784920